Resep Bolu Gulung Cokelat

Resep Bunda - Cokelat adalah jenis makanan yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek juga menyukai cokelat.

Nah jika anda bosan menyajikan bolu yang itu-itu saja dan anda bingung ingin membuat bolu apa yang sedap, maka alternatif yang tepat adalah dengan anda mencoba bolu gulung cokelat. Dengan penyajian yang dibuat melingkar seperti rolade dan diisi dengan lapisan saus custard yang manis ditambah lagi dengan buah stoberi yang segar, membuat bolu gulung cokelat anda ini menjadi istimewa.

Untuk membuat bolu gulung cokelat, mungkin anda akan di tuntut dengan kesabaran dan ketelatenan, karena untuk membuat sebuah bolu gulung cokelat agak sedikit rumit. Namun anda tak usah risau karena dengan mengikti tahap demi tahap dari panduan resep saya ini, maka untuk membuat sebuah bolu gulung cokelat sangatlah mudah.

Resep Bolu Gulung Cokelat
Resep Bolu Gulung Cokelat
Yuk langsung aja coba resepnya dirumah.

Bahan Bolu Gulung Cokelat:
  • 70 gr tepung terigu
  • 20 gr bubuk cokelat
  • 10 gr tepung maizena
  • 70 gr minyak makan
  • 6 butir kuning telur
  • 6 butir putih telur
  • 50 ml susu cair
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr gula pasir
  • 12 buah strowberi, buang tangkainya

Bahan saus Custard:
  • 68 gr kuning telur
  • 80 gr gula pasir
  • 30 gram tepung maizena, ayak
  • Sejumput garam
  • 5 gr bubuk vanilla
  • 200 gr whip cream
  • 280 ml susu

Cara Membuat Saus Custard:
  1. Campurkan kuning telur dan gula, kocok adonan hingga pucat. Masukkan tepung maizena, sedikit garam dan juga bubuk vanilla. Aduk kembali hingga semua tercampur rata
  2. Di wadah lain kocok dengan menggunakan mixer whip cream hingga kaku
  3. Panaskan susu dan beri sedikir saja garam hingga hampir mendidih. Masukkan sebagian susu panas kedalam campuran kuning telur. Aduk rata. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan temperatur adonan, agar telur tidak menggumpal.
  4. Tuang campuran kuning telur kembali kedalam panci berisi sisa susu. Masak dalam api kecil dan aduk hingga mengental.
  5. Saring adonan untuk mendapatkan tekstur lembur yang sempurna. Kemudian tutup permukaan adonan dengan menggunakan plastik wrap, dinginkan dalam lemari es. Pastikan plastik menyentuh adonan, agar tidak berkerak.
  6. Setelah dingin, kocok adonan saus custard dalam kecepatan tinggi dengan menggunakan mixer hingga lembut. Lalu campurkan dengan whip cream kaku, kocok hingga tercampur rata. Sisihkan

Cara Membuat Bolu Gulung:
  1. Ayak tepung terigu, maizena dan bubuk cokelat dalam satu wadah. Aduk. Masukkan minyak dan juga kuning telur, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan susu cair, aduk kembali hingga merata. Sisihkan
  2. Dalam wadah lain, masukkan putih telur dan garam. Dengan menggunakan mixer, kocok dengan kecepatan sedang hingga berbusa, hingga tahap soft paek (lembut). Masukkan gula sedikit demi sedikit sampai putih telur menjadi kaku.
  3. Campurkan adonan putih telur secara bertahap untuk diaduk perlahan. Gunakan gerakan melipat ke satu arah untuk mengaduk adonan.
  4. Masukkan adonan kedalam loyang persegi yang sudah dilapisi kertas roti. Ratakan permukaan adonan kemudian agak sedikit dibanting agar adonan padat.
  5. Panaskan oven selama 20 menit dengan suhu 170 C. Panggang adonan lebih kurang 35 menit atau hingga permukaan berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat.
  6. Siapkan wadah untuk bolu gulung yang sudah di lapisi dengan plastik wrip. letakkan plastik di atas bolu agar tidak lengket. Buang lapisan kertas roti.
  7. Oleskan saus custard hingga merata. Susun berjejer buah strowberri dibagian atas kue. Gulung kue, bungkus menggunakan plastik. Pastikan gulungan melekat erat dan berbentuk bundar. Putar-putar sisa plastik pada kedua ujung bolu untuk mengeratkan.
  8. Simpan dalam freezer kurang lebih 2 jam karena bolu gulung yang dingin akan lebih mudah di potong.
  9. Dan terakhir sajikan.

Bagaimana setelah anda membaca resep Bolu Gulung Cokelat saya ini? Mudah bukan? Makanya ayo buruan deh coba dirumah dan sajikan bersama dengan keluarga tercinta anda. Dijamin keluarga akan makin cinta dengan anda dan keharmonisan keluarga juga akan terjaga.

Sekian deh resep saya kali ini, semoga bermanfaat yah..

Sumber : Kokiku Tv


0 Response to "Resep Bolu Gulung Cokelat"

Posting Komentar